Diklat Nasional Online untuk Menyusun Modul Ajar Berbasis AI, Media Pembelajaran Interaktif dan Assesmen dalam Kurikulum Nasional
Abstract
Diklat Nasional Online untuk Menyusun Modul Ajar Berbasis AI, Media Pembelajaran Interaktif, dan Asesmen dalam Kurikulum Nasional bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan media pembelajaran interaktif. Diklat ini diikuti oleh 708 peserta dari seluruh Indonesia, dilaksanakan melalui platform Zoom. Pelatihan terdiri dari tiga sesi utama: penyusunan media pembelajaran interaktif, pengembangan modul ajar berbasis AI, dan penyusunan asesmen berbasis AI. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan menyusun modul ajar yang inovatif serta asesmen yang akurat sesuai dengan kurikulum nasional. Program ini juga memberikan tindak lanjut berupa mentoring dan bimbingan online, yang diharapkan mampu mendukung peserta dalam implementasi hasil pelatihan di lingkungan belajar mereka. Dengan rencana tindak lanjut yang terstruktur, diharapkan hasil diklat ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia yang lebih inklusif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.
Keywords
References
Alimudin, A., Cahyo, E. D., Yulistia, A., & Sinaga, S. I. (2023). Assesmen Kurikulum Merdeka Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 24. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v4i1.7982
Andini, S. A., & Kurniawati, W. (2023). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pesawat Sederhana Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 299–306. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/jpmi.v1i2.580
Ardiansyah, Mawaddah, F. S., & Juanda. (2023). Assesmen Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/361
Buahana, B. N., Karta, I. W., & Amalina, A. D. (2023). Pelayanan Peningkatan Kemampuan Penyusunan Assesmen yang Efektif Berbasis Kurikulum Paradigma Baru di PAUD Kota Mataram. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 1(4), 164–170. https://doi.org/https://doi.org/10.59581/jphm-widyakarya.v1i4.2027
Go, H., Kang, M., & Suh, S. C. (2020). Machine learning of robots in tourism and hospitality: interactive technology acceptance model (iTAM) – cutting edge. Tourism Review, 75(4), 625–636. https://doi.org/10.1108/TR-02-2019-0062
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Marlina, E. (2023). Pembinaan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Community Dedication, 3(1), 88–97. https://adisampublisher.org/index.php/pkm/article/view/266
Maryono, M., Kuntarto, E., Budiono, H., Sastrawati, E., & Noviyanti, S. (2024). Pelatihan Praktik Baik Penyusunan Modul Ajar yang Efektif Menggunakan Artificial Intelligence Di SDN 36/V Pembengis Kuala Tungkal. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 713–719. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1326
Munawar, M., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2024). Implementasi Assesmen Kurikulum Merdeka di SD Negeri 03 Pontianak Selatan. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 521–533. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.3387
Purnamasari, I., Khasanah, I., Kusumaningtyas, N., & Putriyanti, L. (2024). Meningkatkan Kompetensi Penyusunan Modul Ajar Bagi Pendidik PAUD Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JGEN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 75–83. https://doi.org/10.60126/jgen.v2i1.282
Romi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Teknologi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3019–3026. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1335
Spinner, T., Schlegel, U., Schafer, H., & El-Assady, M. (2019). explAIner: A Visual Analytics Framework for Interactive and Explainable Machine Learning. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics, 26(1), 1–1. https://doi.org/10.1109/TVCG.2019.2934629
Suyitno, Wahyuningsih, Y., Putro, G. M. H., Fakhrudin, I., & Anisah, A. K. (2023). Diklat Nasional Online Optimalisasi Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran IKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 3149–3157. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4. 1737
Tondang, B., Sitorus, H. A., & Tambunan, I. F. (2024). Analisis Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. ADIBA: JOURNALOF EDUCATION, 4(3), 304–315. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/735
Wahyuni, S., Rahmadhani, E., & Mandasari, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Powerpoint. Jurnal Abdidas, 1(6), 597–602. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.131
Zainuddin, Z., Shujahat, M., Haruna, H., & Chu, S. K. W. (2020). The role of gamified e-quizzes on student learning and engagement: An interactive gamification solution for a formative assessment system. Computers & Education, 145, 103729. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103729
Zou, L., Xia, L., Du, P., Zhang, Z., Bai, T., Liu, W., Nie, J.-Y., & Yin, D. (2020). Pseudo DynPseudo Dyna-Q: A Reinforcement Learning Framework for Interactive Recommendationa-Q. Proceedings of the 13th International Conference on Web Search and Data Mining, 816–824. https://doi.org/10.1145/3336191.3371801
DOI: 10.55824/jpm.v3i5.442
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Suyitno Suyitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.