Pelatihan Coding Berbasis Project Based Learning (PjBL) Menggunakan Platform Scratch untuk Sekolah Dasar
Abstract
Peningkatan keterampilan digital pada peserta didik di sekolah dasar menjadi semakin penting di era Revolusi Industri 4.0. Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam pelatihan coding menggunakan platform Scratch, yang diterapkan pada siswa kelas 5 di SDN Manahan. Pada pelatihan ini menyampaikan konsep dasar pemrograman dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data berupa partisipasi siswa dalam pelatihan coding. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap pelaksanaan pelatihan di kelas dan wawancara mengenai pengalaman siswa dalam belajar coding. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis induktif. Model PjBL dipilih untuk mendorong keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis melalui pembuatan proyek seperti "Jumping Game". Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep pemrograman dasar dan keterampilan berpikir kritis. Meskipun terdapat tantangan dalam perbedaan kecepatan belajar, strategi diferensiasi yang diterapkan membantu mengatasi tantangan tersebut yang dapat mendorong kolaborasi dan rasa percaya diri siswa.
Keywords
Scratch; Coding; Project-based Learning
DOI: 10.55824/jpm.v3i5.437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Milani Tanya Qurin, Kenfitria Diah Wijayanti, Alia Rahmah Fathori, Hanizar Florian Sukma, Hendri Setiawan, Kalistus Haris Pratama, Kharisma Rosyiana Putri, Laila Puspita, Meidy Yolandia, Nurul Hikmah Miftakul Khoiriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.