Implementasi Aplikasi Penghitung Benur dengan Menggunakan HP Android pada Instalasi Budidaya Air Payau Banjarkemuning, Sedati, Sidoarjo

Eka Sari Oktarina, Weny Indah Kusumawati, Musayyanah Musayyanah

Abstract


Kegiatan abdimas ini diarahkan kepada IBAP Banjarkemuning, yaitu kegiatan yang berupa pelatihan penggunaan aplikasi mobile berbasis Android untuk memberi kemudahan dalam menghitung jumlah benur sebelum ditebar di tambak. Selama ini, perhitungan benur dilakukan secara manual, yaitu dengan mengambil beberapa benur dalam sebuah wadah, selanjutnya benur dihitung dengan menggunakan gelas plastik putih atau sendok berdasar putih. Hal ini membutuhkan waktu lama untuk pemrosesan penghitungan benur. Untuk itu dibuatlah Shrimptector, sebuah aplikasi yang dapat menghitung jumlah benur secara otomatis hanya dengan mengambil gambar benur dengan kamera smartphone pada sebuah wadah putih, maka jumlah benur secara otomatis terhitung. Harapan yang ingin dicapai dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan penggunaan aplikasi penghitung jumlah benur dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam usaha budidaya udang dan mempermudah para petambak untuk melakukan penghitungan benur. Keberhasilan kegiatan ini diukur dari kemudahan para staf dan karyawan dalam mengoperasikan aplikasi penghitung jumlah benur dari smartphode dan antusiasme staf dan karyawan yang menginginkan adanya program pengabdian kepada masyarakat selanjutnya.  Berdasarkan hasil survei kuesioner, para staf dan karyawan menjawab “sangat setuju'' dan “setuju” terhadap semua pertanyaan yang diajukan. Persentase jawaban “sangat setuju” tertinggi sebesar 100% dan terendah sebesar 80%.  Sebaliknya, tingkat tanggapan “setuju” paling tinggi sebesar 20% dan terendah sebesar 10%.

Keywords


Android, Aplikasi, IBAP, Shrimptector

References


Alfarisi, S. (2019). Aplikasi Media Pengenalan Jenis Kamera dan Lensa Berbasis Android. Jurnal Sisfotek Global, 9(1), 124–130. https://doi.org/10.38101/sisfotek.v9i1.224

Bengio, Y., Goodfellow, I., & Courville, A. (2016). Deep learning. Nature, 29(7553), 1–73. http://deeplearning.net/

Gargenta, M. (2011). Building Applications for the Android Market (A. O. and B. Jepson (ed.); First Edit). O’Reilly.

Jayanti, S. L. L., Atjo, A. A., Fitriah, R., Lestari, D., & Nur, M. (2022). Pengaruh Perbedaan Salinitas Terhadap Pertumbuhan dan Sintasan Larva Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). AQUACOASTMARINE: Journal of Aquatic and Fisheries Sciences, 1(1), 40–48. https://doi.org/10.32734/jafs.v1i1.8617

LP2M. (2022). Kuesioner Terstruktur: Definisi, Jenis, Pro & Kontra. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Medan Area. https://lp2m.uma.ac.id/2022/12/26/kuesioner-terstruktur-definisi-jenis-pro-kontra/

Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android Interface pengguna Android didasarkan pada manipulasi langsung menggunakan masukan sentuh yang serupa dengan tindakan di dunia nyata , seperti menggesek ( swiping ), mengetuk. 6(1), 661–671. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

Rahim, M. (2021). Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Super Intensif Dengan Padat Tebar Berbeda Menggunakan Sistem Zero Water Discharge. JFMR-Journal of Fisheries and Marine Research, 5(3), 124–130. https://doi.org/10.21776/ub.jfmr.2021.005.03.12

Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216. https://doi.org/10.21831/diksi.v29i2.36614

Rohmah, R. N., & Kaloka, N. (2019). Pemanfaatan Smartphone berbasis Android sebagai Alat Pengontrol Pembersih Lantai. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 19(2), 81–85. https://doi.org/10.23917/emitor.v19i2.8558

Wulandari, A. (2020). Estimasi beban limbah nutrien terhadap daya dukung lingkungan untuk budidaya udang vannamei (litopenaeus vannamei) semi intensif di Desa Banjar Kemuning. In Skripsi.


Full Text: PDF

DOI: 10.55824/jpm.v3i4.427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Weny Indah Kusumawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.